Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Rukhin dan Mustopa yang sering disebutkan oleh Gus Baha


Gus Baha - Salah satu santri Gus Baha' yang masih mengikuti gurunya pergi kemana pun, ialah santri bernama ‘Masrukhin’ santri asal daerah Yogyakarta. 

Namanya melambung tinggi ketika KH. Bahaudin Nur Salim, atau biasa di sapa dengan Gus Baha’ sering menyebutkan nama Rukhin, dalam setiap pengajiannya. 

Namanya menjadi salah satu santri yang setia menemani Gus Baha’ ketika bermukim di Yogyakarta. 

Dengan hal tersebut, membuat daya ketertarikan dan rasa penasaran, oleh para Muhibbin Gus Baha mengenai siapa sosok Rukhin sebenarnya.

Pada acara Shihab & Shihab yang dibawakan oleh Najwa Shihab, Gus Baha’ menjadi tamu undangan untuk menceritakan banyak hal dalam ilmu keislaman. 

Hingga pada suatu ketika, terdapat pertanyaan perihal siapakah sosok Rukhin dan Mustofa yang acap kali disebut oleh Gus Baha’ dalam setiap pengajiannya. 

Gus Baha’ menjawab bahwa sosok mereka berdua adalah sosok santri pertama dari 20 santrinya disaat Gus Baha’ bermukim di Yogyakarta.

Kedua santri tersebut sangat akrab dengan Gus Baha’. Karena keakraban kedua santri tersebut tidak hanya menjadikan sosok Gus Baha’ sebagai gurunya. Tetapi sebagai sahabatnya. 

Maka kata Gus Baha’, dua santri tersebut tidak sungkan makan di hadapan Gus Baha’ dan saling bercanda, karena keakraban yang terjalin diantara mereka.

Video penjelasan Gus Baha mengenai siapa sebenarnya Rukhin dan Mustopa


Rasa penasaran dari para Muhibbin dijawab sudah oleh Maskrukhin atau biasa disapa Rukhin melalui bukunya berjudul ‘Rukhin Menemukan Guru Gus Baha’. 

Buku tersebut ditulis langsung oleh Rukhin yang menceritakan bagaimana awal mula ia bertemu dengan sosok Gus Baha’ yang mampu membimbing perjalanannya menemukan spirit hikmah kehidupan.

Judul buku : Rukhin Menemukan Guru Gus Baha

Harga : Rp. 50.000

#books #Buku #Book #bukusuhuf #bookinstagram #bukuislam #GusBaha #RukhinMenemukanGuru #RukhinMenemukanGuruGusBaha

Posting Komentar untuk "Siapa Rukhin dan Mustopa yang sering disebutkan oleh Gus Baha"